Wikipedia

Hasil penelusuran

Senin, 04 November 2019

Ternyata IDM Antar Boru Menjadi Desa Mandiri 2019 Di NTT (Saatnya Intip Desa Boru )




Desa Boru Kecamatan Wulanggitang-Flores Timur dinobatkan sebagai Desa Mandiri 2019 untuk Provinsi NTT. Berhasilnya peralihan status dari Desa Maju di tahun 2018 menjadi Desa Mandiri 2019 dikarenakan memenuhi syarat teknis dari aspek  Indeks Desa Membangun (IDM), yaitu dimensi lingkungan, sosial, ekonomi, serta di dukung dgn SDM yang memadai.
Hemat penulis, Prestasi yang diraih Desa Boru seyogianya menjadi motivasi untuk desa-desa di NTT, terlebih Flores Timur karena Desa Boru memiliki kesungguhan dalam pengelolaan Dana Desa yang digulirkan Pemerintah Pusat. Dengan demikian Nawacita dan Desa Membangun benar-benar diimplementasikan oleh Pemerintah Desa setempat. Sebagai status Desa mandiri memungkinan Desa Boru mendapatkan insentif dari Pemerintah Pusat untuk kegiatan pembangunan di desa selain mendapatkan alokasi dana desa menjadi berkurang karena Desa Boru telah mengotonomikan desanya dengan berbagai potensi yang dimilik  demi pemenuhan kebutuhan warga.
Ketika menelusuri proses pembangunan di Desa Boru, satu hal yang cukup menarik dari segi penciptaan generasi penerus desa, yakni adanya keseriusan Pemdes Desa Boru yang fokus memanfaatkan Dana Desa pengembangan SDM melalui peningkatan mutu Pendidikan di desa. Ternyata hamper tiga tahun terakhir, Desa Boru memanfaatkan anggaran dari Dana Desa untuk peningkatan Pendidikan yang lanyak bagi warga melalui bantuan beasiswa yang dikuncurkan oleh desa.
Dibawah kepemimpinan Kades Darius Don Boruk, sebagain warga telah di dorong untuk mengenyam Pendidikan tinggi (S1 dan S2) berkat kuncuran Dana Desa yang setiap tahunnya di alokasikan Rp 100 juta untuk beasiswa warga desa.
Selain itu juga, Dana Desa yang dianggarakan melalui APBDes digunakan untuk mendorong semangati anak-anak TK dengan Rp 60.000 per bulan yang digunakan untuk biaya operasional dan belanja Pendidikan anak. Menurut Kades Boru, Darius don Boruk semua gebrakan ini untuk merangsang pertumbuhan anak akan pentingnya yang namanya Pendidikan, dengan itu dapat menciptakan generasi yang unggul untuk meneruskan pemabnguan di desa yang akan datang.
Sebagai otang Flores Timur, kita semestinya dan sudah saatnya kita belajar yang namanya Indeks Desa Membangun (IDM). Kita perlu belajar dari Desa Boru yang telah menjadikan dirinya Sebagai Desa Mandiri untuk keberlangsungan di desa kita masing-masing. Profisiat Untuk Desa Boru ,Kecamatan Wulanggitang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar